BANNER Banner Header Home
REVIEWS

Review Movie Split (Spoilers Alert!)

Review Movie Split (Spoilers Alert!)
Satu lagi film karya sutradara serta penulis naskah khusus thriller dan suspense, Night Shyamalan. Setelah beberapa film seperti Signs, The Visit, serta The Happening yang kurang mendapat respon, kini Night bisa sedikit berbangga karena mampu mencapai nilai penjualan hingga puluhan juta dollar. Berbagai elemen di dalam film ini dapat memuaskan Anda penggemar film sejenis.

Berkisah tentang seorang bernama Kevin yang memiliki gangguan psikologis, lebih tepatnya kepribadian ganda. Namun beberapa keperibadian yang ada dalam tubuh Kevin dapat benar-benar mengubahnya menjadi orang lain.

Positives

- Great Acting by James McAvoy

James McAvoy jelas mendapat lampu sorot pada film ini. Tugasnya tidak mudah, yaitu memerankan banyak karakter dalam satu film. Tapi hal ini dapat dilakukannya dengan cukup sempurna. Karakter dingin serta kelam menjadi benang merah dari seluruh kepribadian yang ada di tubuh Kevin. Paling terasa ketika ia memerankan Beast, kepribadian yang paling destruktif.

- Plot

Night Shyamalan sangat pandai membuat alur tegang-tenang yang membuat kita terus bertanya-tanya. Kita bisa merasakan ketegangan hingga klimaks film ini. Dan walaupun kadang alur yang disajikan rumit, film ini masih sangat fun. Plot twist yang dihadirkan di sini juga cukup menghibur, walau tidak sampai membuat kita mengernyitkan dahi.

- Great Ending

Film ini berakhir dengan adegan yang tidak terduga. Adegan ini berhubungan dengan salah satu film Shyamalan, yaitu Unbreakable. Scene terakhir film ini memperlihatkan Bruce Willis yang berperan di film tersebut. Apakah hal ini berhubungan dengan cerita lanjutan Unbreakable?

Negatives

- Other Cast Is Lacking

Meskipun lawan main McAvoy (tiga gadis yang disekap) masing-masing sudah pernah membintangi lebih dari 1 film, namun tidak cukup untuk mengimbangi akting McAvoy. Walaupun masih dapat berakting cukup baik, namun ketiganya kurang dapat menambah nyawa film ini. Anya Taylor Joy sebagai Casey berakting dengan cukup baik, namun sayang sekali tidak didukung oleh kedua aktris lainnya.



- Child Abuse Imagery

Film ini memiliki beberapa adegan yang sedikit mengekspos sisi trauma dari pelecehan terhadap anak. Hal ini mungkin mengganggu penonton, walaupun diceritakan sebagai bagian dari pengalaman hidup karakter-karakter tersebut.

Overall

Film ini sekaligus menandai comeback Night Shyamalan untuk kembali ke film bioskop. Film yang smart dengan penyampaian yang sangat menarik. Film thriller dan suspense kadang terasa seperti film kelas B. Walaupun low budget dan tidak memiliki efek visual berlimpah, Split terasa digarap dengan baik dan memiliki kelas.

Score: 8/10
COMMENTS

RELATED REVIEWS

Finding DoryFinding Dory
"Just Keep Swimming..."
Jason Bourne Review SpoilersJason Bourne Review (Spoilers)
Jason Bourne hadir kembali dengan kisah yang lebih seru dan menegangkan
Star Trek Beyond ReviewStar Trek Beyond Review
Film ini sangat menarik bagi fans setianya namun akan terasa cukup saja bagi yang baru melihat.