BANNER Banner Header Home
REVIEWS

Arrival (2016) Review (Spoilers)

Arrival (2016) Review (Spoilers)
Denis Villeneuve memang belumlah terkenal seperti Christopher Nolan, Martin Scorsese, Clint Eastwood atau Steven Spielberg, tapi Villeneuve sudah mempunyai resume film yang tidak kalah cemerlang. Setelah menyutradarai Prisoners, Enemy dan Sicario, kali ini Villeneuve kembali dengan film sci-fi Arrival.

Arrival menceritakan kisah tentang seorang ahli bahasa yang berusaha untuk berkomunikasi dengan alien yang muncul dengan tiba-tiba di bumi. Amy Adams dan Jeremy Renner ditunjuk untuk berperan sebagai dua karakter utama Louise dan Ian. Arrival sendiri adalah adaptasi dari cerita pendek “Story of Your Life” yang ditulis oleh Ted Chiang.




Positives

Smart and Intriguing Story

Arrival bukanlah seperti film sci-fi berbudget besar yang penuh dengan adegan aksi dan ledakan, Arrival tidak memiliki banyak adegan aksi dan lebih memilih untuk fokus kepada jalan cerita yang lebih ketat. Arrival sejak awal sudah berhasil membangun suasana misterius yang terus bertahan hingga akhir film. Cerita yang terfokus kepada satu karakter membuat perjalanan Louise terasa lengkap dan memuaskan. Tentu saja twist yang sangat smart di akhir film yang jelas akan membuat kaget penonton.

Villeneuve tidak banyak membuang waktu dengan hanya menampilkan adegan-adegan yang memajukan jalan cerita. Villeneuve berhasil membuat penonton terus bertanya-tanya hingga akhirnya Villeneuve menjawabnya di akhir film. Menonton Arrival memang butuh fokus yang lebih dibanding film blockbuster standar, hanya saja Villeneuve mampu membuat film ini mudah dimengerti oleh para penonton.

Amy Adams’ Performance

Amy Adams jelas adalah salah satu aktris terbaik di dunia sekarang, Adams telah mendapatkan 5 nominasi Oscar dan memenangkan 2 Golden Globe. Tidak mudah bagi Adams untuk berakting di film ini karena dia harus banyak berhadapan dengan green screen saat berkomunikasi dengan Heptapods. Penampilan Adams memang bukanlah penampilan yang bombastis, penampilan Adams lebih kepada subtle changes di wajahnya. Adams pantas untuk mendapatkan nominasi Oscar lagi untuk aktingnya di film ini.




Negatives

Wasting Jeremy Renner’s Character

Jeremy Renner tidaklah tampil jelek, dia mampu memberikan penampilan yang baik. Hanya saja karakter yang dia tampilkan (Ian) tidaklah mendapatkan cerita yang memuaskan. Ian terlihat sebagai karakter yang hanya mengikuti Louise saja, sepanjang film Ian hanya berkontribusi sekali saja. Fokus penuh terhadap jalan cerita dan Louise membuat karakter-karakter pendukung lain tidak mendapatkan banyak adegan yang dapat mengembangkan karakter mereka.

Some Unexplained Stuffs

Walaupun sebagian besar misteri-misteri di Arrival dapat dijawab di akhir film, tetap saja ada beberapa hal yang mengganjal. Hal-hal seperti “Kenapa Heptapods tidak belajar bahasa manusia untuk memudahkan komunikasi?”, “Apakah Louise dapat melihat masa depan kapan saja?”, “Kenapa vision Louise bisa muncul dengan convenient untuk membantu Louise?”, “Kenapa para Heptapods butuh bantuan manusia 3000 tahun lagi?” dll. Munculnya plot-convenient visions adalah hal yang paling terasa aneh karena mengapa hampir semua visions yang Louise lihat selalu membantu Louise memecahkan masalah di masa kini.

Overall

Arrival is a smart and intriguing movie that all sci-fi fans should watch. Cerita yang pintar dan menarik membuat Arrival menjadi salah satu film sci-fi terbaik di beberapa tahun terakhir. Amy Adams kembali menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu aktris terbaik di dunia.

Score: 8/10
COMMENTS

RELATED REVIEWS

Finding DoryFinding Dory
"Just Keep Swimming..."
Jason Bourne Review SpoilersJason Bourne Review (Spoilers)
Jason Bourne hadir kembali dengan kisah yang lebih seru dan menegangkan
Star Trek Beyond ReviewStar Trek Beyond Review
Film ini sangat menarik bagi fans setianya namun akan terasa cukup saja bagi yang baru melihat.