BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Rahasia Umur Panjang Orang Jepang

Rahasia Umur Panjang Orang Jepang
Pemerintah Jepang memperkirakan lebih dari 2 juta warganya berumur 90 tahun ke atas.

Di tahun 2020, warga senior Jepang 60 tahun keatas populasinya tertinggi di dunia berjumlah 36,17 juta orang, yaitu sekitar 28,7%. Warga senior di Jepang adalah golongan yang paling sehat dan produktif di dunia, ada sekitar 8,9 juta warga senior Jepang yang hingga saat ini masih aktif bekerja di kantor-kantor pemerintahan hingga berkebun di ladang sendiri, orang-orang tua di jepang masih bisa berkarya dan jarang mengalami sakit.

Inilah rahasianya:

1. Jepang terkenal dengan teh hijaunya. Dari bentuk teh tradisional, botolan sampai jadi rasa es krim, teh hijau kaya anti-oksidan menjadi minuman sehari-hari

2. Selain teh hijau yang menangkal radiasi penyebab penuaan dini, orang Jepang juga paling hobi makan seafood yang juga sumber utama omega 3. Omega 3 ini baik untuk kesehatan jantung.

3. Sumber protein lain juga tidak kalah mumpuni seperti kacang kedelai. Dari tahu polos sampai fermentasi kacang kedelai yang disebut natto, orang Jepang rajin makan kedelai.

4. Kultus fermentasi yang besar dalam diet di Jepang juga menjadi salah satu rahasia panjang umur mereka. Tsukemono atau asinan sayuran yang selalu jadi pendamping saat makan, sangat baik untuk pencernaan.

5. Tidak hanya jenisnya saja, porsi kecil dan jadwal makan orang Jepang yang teratur jadi rahasia selanjutnya. Mungkin karena porsinya kecil, jadi lebih mudah dicerna.

6. Ada juga prinsip Okinawa “hara hachi bu” atau makan saja sampai kenyang 80%. Jadi makan pun tidak pernah berlebihan, secukupnya saja.

7. Bukan hanya soal makanan saja, cara mandi orang Jepang yang lebih suka berendam dinilai efektif menurunkan tingkat stress. Apalagi kalau berendamnya di mata air alami yang penuh mineral sehat.

8. Olahraga rutin juga menjadi program nasional, terutama buat kalangan lansia. Ada program “rajio taiso” yaitu program rutin olahraga bersama yang disiarkan on air lewat radio.

9. Karena warga lansia banyak yang hidup sehat di Jepang banyak warga lansia dipekerjakan. Ada kantor Silver Human Resources Centre di Jepang yang menyediakan lowongan kerja khusus lansia.

10. Orang Jepang banyak memiliki “hobi seumur hidup” yang membuat mereka tetap bersemangat dari waktu ke waktu. Dari memancing hingga karaoke, mereka terus menemukan “ikigai” atau alasan untuk hidup.

11. Pemerintah Jepang menganggap orang tua sebagai kekayaan nasional. Bahkan setiap orang yang bisa melewati usia 100 tahun akan dihadiahi gelas sake perak yang disebut “Sakazuki” sebagai penghargaan.

# Meskipun rekor umur panjang ini merupakan prestasi membanggakan bagi Jepang, namun memiliki populasi yang terus menua memiliki dilema tersendiri, anggaran pensiun dan pelayanan kesehatan terus membengkak tiap tahunnya. Apalagi tingkat kelahiran di Jepang saat ini sangat rendah. Pemerintah Jepang kini sedang mati-matian mendorong warga nya untuk memiliki lebih banyak anak agar ada generasi penerus..
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back