BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Pokemon Go (It Takes 20 Years To Make An Overnight Success)

Pokemon Go (It Takes 20 Years To Make An Overnight Success)
Pokemon Go adalah game sensasional dimana aplikasi Pokemon Go berhasil memecahkan rekor jumlah download dengan sudah terinstall oleh 10 juta pengguna smartphone Android dalam minggu pertama. Jumlah ini melebihi pengguna aktif Twitter dan waktu rata-rata pengguna Facebook, Instagram, Snapchat dan Whatsapp.

John Hanke, sosok berharga di balik game Pokemon Go. Ia adalah CEO dan pendiri Niantic Labs sejak 2015. Pria ini juga berjasa mengembangkan Google Earth dan Google Maps saat masih menjadi salah satu karyawan Google.

Kerja keras John Hanke selama 20 tahun:

- Pada tahun 1996, saat masih menjadi mahasiswa, ia menciptakan MMO (Massively Multiplayer Online Game) pertama yang disebut Meridian 59. Dia menjual permainan tersebut ke 3DO Company untuk beralih ke semangat yang lebih besar yaitu pemetaan dunia.

- Pada tahun 2000, ia meluncurkan Keyhole Inc sebagai langkah untuk menghubungkan peta dengan foto udara, dan menciptakan peta udara 3D Online pertama di seluruh dunia yang terhubung dengan GPS.

- Google membeli Keyhole dan dengan bantuan Hanke, ternyata Keyhole menjadi apa yang sekarang dikenal dengan aplikasi Google Earth. Saat itulah ia memutuskan untuk focus menciptakan game berbasis GPS.

- Ia bergabung dengan tim Google Geo mulai dari tahun 2004 sampai tahun 2010. Ia menciptakan Google Maps dan Google Street View. Selama ini, ia mengumpulkan tim yang nantinya akan menciptakan Pokemon Go.

- Pada tahun 2010, ia mendirikan Niantic Labs sebagai start-up yang didanai oleh Google untuk membuat permainan yang berkaitan dengan unsur pemetaan.

- Pada tahun 2012, ia kemudian membuat game Ingress yang berbasis Augmented Reality. Melalui game ini, Niantic meminta para penggemar untuk mengajukan berbagai tempat dan bangunan di seluruh dunia.

- Pada tahun 2014, Google dan perusahaan Pokemon bekerja sama untuk membuat candaan layaknya jebakan April Mop yang memungkinkan pemirsa untuk menemukan makhluk Pokemon pada peta Google. Tak disangka ide itu menjadi viral, dan membuat ia berpikir ide lain yang bisa merubahnya menjadi permainan nyata.

- Ia memutuskan untuk membangun Pokemon Go berdasarkan usulan portal pada Ingress dan portal yang paling popular di seluruh dunia sebagai tempat Pokestop dan Gym. Biasanya tempat itu adalah lokasi yang paling sering dikunjungi masyarakat seperti museum, situs sejarah, Mal atau tempat dengan arsitektur unik.

- Ia mengumpulkan US$ 25 Juta dari Google, Nintendo, Pokemon Company dan investor lainnya dari Desember 2015 sampai dengan Februari 2016 untuk mengembangkan lebih dari 40 tim untuk memulai Pokemon Go.

- Ia dan timnya meluncurkan Pokemon Go pada tanggal 6 Juli 2016 di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Sejak diluncurkan, harga saham Nintendo telah meningkat sebanyak US$12 Miliar, dan aplikasi ini telah menghasilkan lebih dari US$ 2 Juta setiap hari nya di pembelian dalam aplikasi.

Keberhasilan semalam yang diraih John Hanke lewat game Pokemon Go rupanya butuh waktu 20 tahun. Sepanjang 20 tahun itu, ia memiliki visi yang kuat dan selalu fokus untuk bisa melangkah ke level selanjutnya. Pada setiap level baru, ia selalu memiliki kekuatan baru, anggota tim dan fitur baru untuk terus mengembangkan apa yang jadi impiannya.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back