BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Nelson Mandela

Nelson Mandela
Nelson Rolihlahla Mandela, lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918, meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan, 5 Desember 2013 pada umur 95 tahun adalah seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.

Nelson Mandela, sang pemaaf

Nelson Mandela di penjara selama 27 tahun oleh lawan politiknya. Di dalam penjara oleh salah seorang sipir dia sering disiksa, bahkan pernah digantung dengan kepala terbalik dan dikencingi, dia hanya berkata tunggu saatnya. Ketika Mandela keluar dari penjara dan kemudian menjadi Presiden Afsel, hal pertama yang dia lakukan adalah meminta pengawal pribadinya untuk mencari sipir tersebut, pengawalnya langsung menangkap dan membawa sipir itu kehadapannya. Sipir tersebut sangat ketakutan mengira Mandela akan membalas, menyiksa dan memenjarakannya, tapi ternyata Nelson malah merangkul dan berkata “Hal pertama yang ingin saya lakukan ketika menjadi presiden adalah memaafkan mu”. Dia tidak dikuasai kebencian atau niat untuk balas dendam terhadap lawan-lawan politik nya dulu, memenjarakan sipir yang dulu menghina dan menyiksa nya.

#Mandela mengajarkan bagaimana membalas kejahatan dengan kebaikan, kebencian dengan kasih.

Dia memberi contoh tentang integritas moral dalam suatu perjuangan.

Dengan rasa maaf, ia mampu menyatukan masyarakat Afrika Selatan yang berbeda warna kulit itu.

Mandala mendapat hadiah Nobel Perdamaian bersama F.W. de Klerk untuk jasanya menghentikan sistem apartheid (1993).
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back