BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Kepemimpinan Tingkat 5

Kepemimpinan Tingkat 5
Jim Collins penulis buku berjudul Good to Great diterbitkan tahun 2001 melakukan penelitian terhadap perusahaan-perusahaan yang ada dalam daftar Fortune 500 di Amerika Serikat dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan riset tersebut menjelaskan temuan 11 perusahaan hebat (great) yang mulanya hanya perusahaan yang biasa-biasa saja (good).

Ditemukan perusahaan-perusahaan hebat tersebut dipimpin oleh CEO dengan kategori kepemimpinan tingkat 5. Kepemimpinan tingkat 5 yang ditemukan dalam riset ini adalah kepemimpinan yang memadukan profesionalisme dengan kerendahan hati menjadi satu hal baru.

Jim Collins menyebutnya paradoks. Mereka adalah para pemimpin yang sangat ambisius dalam bekerja, tidak punya agenda tersembunyi untuk kepentingan pribadi, tetapi semua ambisinya hanyalah untuk kesuksesan perusahaan. Mereka bukanlah orang yang suka menepuk dada jika berhasil, tetapi lebih suka menunjuk team nya yang berhasil. Mereka tidak suka menyalahkan, mereka menunjuk diri sendiri jika terjadi kesalahan dan segera memperbaikinya. Mereka juga menerapkan sistem suksesi kepemimpinan yang baik dengan pengganti yang memiliki kepribadian dan visi yang kurang lebih sama dan mereka senang jika penggantinya nanti dapat memimpin perusahaan sehingga mencapai kesuksesan yang lebih baik dibanding mereka sekarang.

- Bagi anda yang sudah berhasil mendirikan dan menjalankan perusahaan dengan baik anda harus waspada karena Baik adalah Musuh dari Hebat.

- Perusahaan hebat selalu mengatakan bahwa prestasi luar biasa yang mereka raih bukanlah sebuah keajaiban yang harus dibesar-besarkan. Semua berjalan dengan normal dan natural. Semua orang hanya bekerja keras dari waktu ke waktu. Padahal itulah salah satu bentuk dari kelebihan yang mereka miliki yaitu : rendah hati.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back