BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Changing Time

Changing Time
Pada tahun 1998, perusahaan Kodak memiliki 170 ribu karyawan dan menjual 85% dari keseluruhan kertas foto di dunia. Hanya dalam beberapa tahun, bisnis model mereka menghilang dan mereka bangkrut.

Apa yang terjadi pada Kodak, juga akan terjadi pada industri dalam 10 tahun mendatang dan sebagian besar orang tidak memprediksinya sama sekali.

Apakah anda pernah mengira di tahun 1998 bahwa 3 tahun kemudian anda tidak perlu mengambil foto dengan film lagi? Kendati kamera digital diciptakan di tahun 1975, yang pada saat itu hanya memiliki 10 ribu pixel, tetapi mengikuti “Hukum Moore”. Perkembangan teknologi bergerak secara eksponensial, awalnya merupakan produk gagal, namun akhirnya dapat melampaui kamera analog dan menjadi barang umum hanya dalam beberapa tahun…

Hal yang sama akan terjadi lagi dengan “Artificial Intelligence / AI” (Kecerdasan buatan) yang akan membuat perubahan dalam bidang kesehatan, mobil elektrik dan otonom / mandiri (Autonomous Car), pendidikan, 3D printing, agrikultur, edukasi dll.

Perangkat lunak akan menggeser industry tradisional dalam 5-10 tahun kedepan.

“Uber” hanyalah sebuah perangkat lunak, mereka tidak memiliki armada sendiri, kini menjadi perusahaan taksi terbesar di dunia.

“Airbnb” sekarang menjadi perusahaan perhotelan terbesar didunia, walaupun mereka tidak memiliki properti apapun.

“Artificial Intelligence” (Kecerdasan buatan) computer secara eksponensial menjadi lebih baik dalam mengerti dunia ini. Di tahun 2017, sebuah computer mengalahkan Go player terbaik dunia, 10 tahun lebih cepat dari perkiraan. “IBM Watson” anda bisa mendapatkan saran mengenai hukum dalam hitungan detik, dengan keakuratannya 90% dibandingkan jika dikerjakan manusia yang hanya 70%. Di masa depan, jumlah pengacara di dunia akan berkurang hingga 90%, hanya spesialis yang akan bertahan.

IBM Watson telah menolong perawat mendiagnosa kanker 4x lebih akurat daripada manusia.

Facebook kini memiliki perangkat lunak pengenal pola yang dapat mengenali wajah , jauh lebih akurat dibanding manusia.

“Autonomous Car” sekitar tahun 2020 keseluruhan industry otomotif akan bergeser. Anda mungkin tidak memerlukan mobil pribadi lagi, cukup menelpon sebuah mobil untuk anda, yang kemudian akan menjemput dan mengantar anda ke tempat tujuan, anda tidak perlu memarkirkan mobil, anda hanya akan membayar jarak yang anda tempuh dan dapat lebih produktif selama perjalanan. Hal ini akan mengubah banyak kota karena akan terjadi pengurangan mobil secara signifikan. Banyak perusahaan mobil akan bangkrut. Perusahaan mobil tradisional dengan pendekatan evolusinya akan menciptakan mobil yang lebih baik, sedangkan perusahaan teknologi; Tesla, Apple, Google dengan pendekatan revolusinya akan membangun “komputer beroda”.

“Health” Dengan peralatan medis “Tricorder” yang bekerja melalui smartphone anda, memindai retina anda, mengambil sampel darah anda dan mendeteksi nafas anda, alat ini kemudian akan menganalisa 54 tanda-tanda biologis yang dapat mengidentifikasikan hampir segala jenis penyakit. Sehingga setiap orang di dunia akan mendapatkan akses kedokteran kelas dunia secara hampir gratis.

“Education” Diperkirakan hingga tahun 2020, 70% umat manusia akan memiliki smartphone. Itu berarti semua orang akan memiliki akses yang sama terhadap pendidikan kelas dunia.

#Dengan changing time, kita siap-siap menyongsong perubahan teknologi, artinya kita harus terus belajar lagi…
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back