BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

7 Cara Membangun Sikap Pantang Menyerah

7 Cara Membangun Sikap Pantang Menyerah
7 cara membangun sikap pantang menyerah untuk mencapai kesuksesan

1. Mengakui Kelemahan

Dalam diri setiap manusia pasti memiliki keunggulan dan juga kelemahan, dimana keduanya saling berkaitan dan dapat menentukan apakah kita berhasil atau malah akan terpuruk dalam kelemahan tersebut.

Dengan kita mengakui kelemahan dan menyadarinya maka kita akan lebih siap untuk memperbaikinya.

Kelemahan itu dapat kita tutupi dengan apa yang bisa kita lakukan sekarang, tonjolkan kemampuan yang kita miliki dan bila perlu meminta bantuan orang-orang yang lebih ahli.

2. Motivasikan Diri

Motivasikan diri kita untuk mengembangkan sikap pantang menyerah. Kita jangan dulu memikirkan untuk menjadi manusia serba bisa, selalu berhasil dalam usaha dan selalu ingin menjadi yang terdepan di antara yang lain. Kita harus memiliki motivasi untuk tidak mudah menyerah. Sikap ini diperlukan untuk meraih keberhasilan dalam hidup.

3. Yakin Akan Kemampuan

Berpikirlah bahwa kita bisa dan akan berhasil meraih apa yang kita inginkan dengan kemampuan yang kita miliki. Keyakinan ini akan membuat kita lebih efektif dibandingkan jika terlalu mengatisipasi kemungkinan yang buruk. Menurut para ahli, orang yang optimis mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk berhasil dibanding orang yang pesimis. Mengapa ? Karena keyakinan yang positif akan mempengaruhi mental dan fisik secara signifikan untuk mendapatkan apa yang diyakininya. Arahkan mata kita pada tujuan bukan pada hambatan, bila kita memandang pada tujuan maka hambatan tidak akan menakutkan.

4. Perhitungan Yang Matang

Untuk mendapatkan apa yang kita inginkan maka kita harus berani mengambil resiko namun dengan perhitungan yang matang. Hadapi dan alamilah pengalaman dan petualangan baru. Hadapilah semua tantangan dengan penuh keberanian. Anggaplah tantangan sebagai dongkrak yang akan membuat kita semakin kuat.

5. Barengi Dengan Doa

Dengan berdoa dapat lebih menumbuhkan kepercayaan diri dan menumbuhkan kemampuan diri yang kita miliki.

6. Teruslah Berusaha

Manfaatkan segala kesempatan yang ada karena kesempatan itu tak datang untuk kedua kalinya, ingatlah filosofi air yang bisa melubangi batu dengan tetesan yang terus menerus. Imbangi juga kegigihan kita dengan pemikiran yang kreatif.

7. Belajar Dari Kegagalan

Jangan terpengaruh oleh kegagalan orang lain, tapi biarlah keberhasilan orang lain yang memotivasi kita. Belajarlah dari kegagalan orang lain tanpa harus mengalaminya sendiri, dengan cara itu kita akan menghemat banyak sekali waktu dan energy kita yang sangat berharga. Namun jika kita mengalami kegagalan atas usaha kita sendiri, janganlah juga terpengaruh oleh kegagalan itu, kegagalan bukan untuk diratapi tapi untuk dipelajari.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back