BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

6 Kegiatan Sederhana Agar Bahagia

6 Kegiatan Sederhana Agar Bahagia
1. Three Walks

Peneliti dari Pennsylvania State, Amanda Hyde mengatakan di Journal of Sport & Exercise Psychology bahwa orang yang aktif secara fisik mempunyai kecenderungan untuk merasakan bahagia dan antusias. Oleh karena itu, cara gampang untuk menjadi bahagia adalah dengan berjalan selama 30 menit setiap minggunya.

2. The 20 Minute Replay

Menurut seorang peneliti dari University of Texas, menulis 20 menit tentang hal positif yang terjadi kepada diri kita terbukti akan meningkatkan kebahagiaan secara dramatis. Kenapa? Karena ketika kita menulis hal positif tersebut, otak kita akan mengulang kembali pengalaman tersebut setiap kita membacanya. Tentunya kita akan merasa lebih bahagia.

3. Random Act of Kindness

Melakukan hal baik kepada orang lain secara random juga akan meningkatkan tingkat kebahagiaan seseorang secara drastis. Sekali-kali cobalah untuk mentraktir teman kita makan, membawakan barang belanjaan ibu-ibu di pasar atau sesimpel dengan membuat kartu ucapan terima kasih kepada satpam yang ada di sekitar kita. Selain dari kita merasa lebih bahagia, tentunya orang yang kita berikan kebaikan tersebut juga akan merasa senang. Jadi tunggu apa lagi?

4. A Complete Unplug

Kita hidup di dunia yang serba terhubung dengan laptop, HP, tablet, bahkan kulkaspun sekarang sudah terhubung ke internet. Kadang semua ini membuat kita merasa gelisah dan tidak bisa lepas dari internet. Agar kita merasa lebih bahagia, sekali-kali cobalah matikan internet dan semua gadget kita dalam satu hari. Menurut sebuah studi dari Kansas State University, waktu istirahat total dari dunia digital akan membuat kita untuk meng-recharge diri kita keesokan harinya.

5. 2 Minutes Meditation

Sekelompok tim ilmuwan dari Massachusetts General Hospital mengatakan bahwa setelah mereka melihat hasil scan otak seseorang sebelum dan sesudah meditasi, mereka menyimpulkan bahwa ada bagian di otak kita yang terhubung dengan Compassion serta self awareness menjadi lebih besar, serta tingkat stress kita menurun. Melakukan meditasi selama 2 menit setiap harinya akan membuat kita menjadi jarang stress dan juga merasa lebih bahagia.

6. Five Gratitudes

Kurang lebih poin ini sama seperti poin 2. Ketika kita menulis 5 hal yang kita syukuri setiap hari, otak kita akan mengulang perasaan bahagia tersebut setiap kali kita membacanya. Kita bisa menulis 5 hal yang bisa kita syukuri dalam sebuah blog ataupun jurnal pribadi.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah bahagia itu sederhana. Menjadi bahagia itu tidak perlu sulit, yang kita harus perhatikan adalah sama seperti mengendarai mobil ataupun naik sepeda yang berarti menjadi bahagia adalah sesuatu yang bisa dipelajari. Jadi, apapun yang kita lakukan, jangan lupa untuk bahagia.

Neil Pasricha
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back