logo
BANNER Banner Header Home

NEWS

Review Film The Nun

Review Film The Nun
Film ini adalah kisah origin dari arwah suster yang pernah meneror lewat film Conjuring 2. The Nun menceritakan awal mula Valak menjadi roh jahat yang kita kenal sekarang. Trailernya sendiri memberi harapan besar untuk menlanjutkan kengerian film Annabelle. Namun sayangnya James Wan absen sebagai sutradara utama, walaupun masih bertindak sebagai penulis naskah dan produser eksekutif.

The Nun menceritakan asal usul Valak, dari seorang yang taat pada ajaran agama hingga berubah menjadi arwah gentayangan yang meneror dan memiliki kekuatan yang cukup besar. Sister Irene (Taissa Farmiga) dan Father Burke (Damien Bichir). Ditugaskan untuk menyelediki kematian misterius seorang suster di Romania, tak lain dan tak bukan akan menjadi Valak.

Bisakah film ini meneruskan kejayaan Conjuring Universe sebagai franchise horor tersukses? Mari kita lihat review selengkapnya.

STORY
Sayangnya The Nun gagal memberikan cerita yang meyakinkan, atau setidaknya lebih menarik dibandingkan Conjuring 2. Padahal di awal film menjanjikan pendekatan baru dalam cerita Conjuring yang bergaya gothic, dengan nuansa yang jauh lebih kelam dibandingkan scene manapun di franchise Conjuring. Namun begitu masuk ke bagian kastil di Romania, alur cerita langsung antiklimaks.
Jumpscare dan trik-trik jadul film horor lain menjadi suguhan utama hingga film selesai. Mungkin Anda berharap untuk mengetahui jati diri Valak yang sebenarnya, namun sayang hingga akhir film, identitas Valak masih belum jelas. Informasi tentangnya tidak jauh berbeda dengan yang ktia ketahui di Conjuring 2.

VISUAL
Visual memang menawarkan sesuatu yang berbeda. Dengan setting di tahun 1952, dan banyak adegan di kastil dan biara, seolah kita sedang menonton film horor klasik macam Poltergeist atau It Lives. Sayangnya berbagai shot indah harus terganggu dengan banyaknya jumpscare dan kejutan .

CAST
Taissa Farmiga tampil dengan baik sebagai Sister Irene. Sayangnya kemampuan aktingnya tertahan oleh directing serta naskah yang kurang sempurna. Pemeran lainnya kurang menonjol dan serasa hanya sekedar tempelan saja, untuk film yang harusnya menjadi senjata utama dalam franchise Conjuring.

KESIMPULAN
Sangat disayangkan, film yang harusnya menjadi paling penting dalam sejarah Valak, malah semakin meninggalkan mister tentang siapa dia sebenarnya. Namun untuk penggemar horor, jumpscare serta beberapa elemen khas film seram masih bisa kita temukan di sini. Tapi horor tersebut tidak ditopang oleh cerita serta back story yang kuat, baik pada Valak maupun pada karakter lainnya. Sekuel? Film ini harusnya menjadi cerita untuk mengakhiri misteri Valak, jika berbicara tentang franchise, maka semakin banyak film akan semakin bagus. Memang belum ada kabar seputar The Nun 2, tapi yang jelas Conjuring 3 sudah masuk jadwal dan akan tayang tahun depan.
Untuk penggemar horor, jangan melewatkan The Nun, yang masih tayang kira-kira sampai minggu depan. Sayangnya film ini bukan rilis terbaik dari Conjuring Universe.

Rating : 6/10
COMMENTS

Relatest News

Gelas Styrofoam

Gelas Styrofoam

Naga

Naga

True Friends

True Friends