logo
BANNER Banner Header Home

LIFE INSPIRATION

Kepemimpinan

Kepemimpinan
Usaha apakah yang dilakukan seorang pemimpin untuk bisa bertahan dalam transformasi dunia bisnis?

Dalam menghadapi era tidak pasti, sebagai pemimpin haruslah percaya diri dan terus mencari jalan untuk tidak terdisrupsi. Pemimpin juga harus bisa membawa energi dan kepercayaan kepada tim di organisasinya. Dalam buku yang berjudul “Leadership Agility” karangan Bill Joiner dan Stephen Josephs, menjelaskan model kepemimpinan tervalidasi untuk melakukan hal itu. Penelitian menunjukkan bahwa hanya sekitar 10% manajer yang menguasai tingkat kelincahan yang diperlukan (agility) untuk bisa bekerja efektif, secara konsisten dan mampu bertahan menghadapi dunia bisnis yang bergejolak.

Tingkatan-tingkatan dalam leadership Agility:

Penelitian menunjukkan bahwa saat ini terdapat tiga tingkat kelincahan dalam kepemimpinan yang dimiliki oleh organisasi secara umum: Expert (45% of leader), Achiever (35% of leader), dan Catalyst (10% of leader).

Masih berdasarkan hasil penelitian, tingkat Expert bekerja secara taktis, orientasi mereka adalah memecahkan masalah. Mereka percaya bahwa pemimpin dihormati dan diikuti oleh orang lain karena otoritas dan keahlian yang dimilikinya. Untuk tingkat Achiever, mereka berorientasi pada strategi dan hasil. Mereka percaya bahwa pemimpin perlu memberi tantangan kepada karyawan sehingga termotivasi dan memastikan mereka puas, sehingga mau berkontribusi pada tujuan yang lebih besar. Sedangkan tingkatan terakhir ialah Catalyst, pemimpin katalisa adalah orang yang visioner. Orientasi mereka adalah membangun kekuatan, mengartikulasikan visi yang inovatif dan inspiratif serta membawa orang- orang yang tepat ke dalam tim untuk mewujudkannya. Mereka memberdayakan orang lain dan secara aktif memfasilitasi perkembangan mereka.

Organisasi perlu membantu banyak manajer senior mereka yang berprestasi untuk tumbuh ke tingkat Katalis dan manajer Expert mereka untuk menjadi Achiever.

# “Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih dari yang orang lain lihat, yang melihat lebih jauh daripada yang orang lain lihat dan yang melihat sebelum orang lain melihat.”

-Leroy Eimes.
COMMENTS

Relatest News

Gelas Styrofoam

Gelas Styrofoam

Naga

Naga

True Friends

True Friends