logo
BANNER Banner Header Home

LIFE INSPIRATION

Endorfin

Endorfin
Endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorfin diproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitari) yaitu pada saat kita merasa bahagia (tertawa) dan pada saat kita istirahat yang cukup. Zat ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau endorfine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi.
Endorfin sering juga disebut sebagai hormon kebahagiaan, ada 12 cara memproduksi hormon kebahagiaan atau hormon endorfin sbb:

1. Tertawa

Tertawa selama 10 sampai 15 menit akan dapat mengeluarkan endorfin dalam jumlah cukup agar kita merasa bahagia. Penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak tertawa sampai 300 kali sehari, sementara orang dewasa hanya tertawa rata-rata 5 kali saja per hari. Cobalah senantiasa untuk mencari sesuatu untuk menjadi bahan tertawa.

2. Tersenyum

Setidaknya cobalah untuk tersenyum. Bahkan senyuman yang palsu sekalipun, saat otot muka tertarik, otak kita akan terangsang untuk melepaskan endorfin. Sehingga bukan hanya dapat membuat yang tersenyum merasa bahagia, orang lain pun dapat tertular bila melihat seseorang tersenyum.

3. Olahraga

Terutama bila dilakukan secara rutin dan profesional. Selain berfungsi menurunkan kadar hormon-hormon stres, juga meningkatkan produksi endorfin.

4. Berpikir Positif

Bila kita senantiasa berpikir positif, lambat laun tubuh juga akan melepaskan endorfin dan sedikit demi sedikit kita akan merasa bahagia.

5. Bersosialisasi

Saat kita berinteraksi dengan orang lain, baik secara langsung maupun menggunakan teknologi, atau bahkan melalui media sosial, tubuh akan melepaskan endorfin.

6. Bertindak Lucu

Sudah tentu dalam koridor kenormaan yang bisa diterima oleh lingkungan. Tindakan- tindakan jenaka, cerita-cerita lucu, pakai baju warna-warni dan lainnya, akan membuat kita senantiasa merasa lucu dan selama itu juga akan merangsang otak untuk melepas endorfin.

7. Merangsang Panca Indera

Melihat yang indah-indah, mencium wangi-wangian, mendengar musik yang disenangi, memakan yang disukai, dan membuat kontak pada kulit, dapat juga merangsang otak mengeluarkan endorfin.

8. Menangis

Disaat kita mulai menangis, otak akan melepas endorfin agar kita merasa lega. Maka bila sedang stres dan sedih, menangis merupakan cara alamiah untuk mengatasinya.

9. Pijat

Pemijatan pada tubuh selain menghilangkan pegal-pegal juga merangsang tubuh melepas endorfin.

10. Sinar UV

Paparan sinar UV dari matahari, terutama yang bergelombang panjang yaitu di pagi hari, juga akan merangsang tubuh melepas endorfin.

11. Cokelat, Cabe, Ginseng

Untuk cokelat, bahkan dalam jumlah yang sedikit pun terutama yang dark dapat meningkatkan produksi endorfin di dalam tubuh, lain kali bila anda merasa sedih, jangan berpikir dua kali, ambil cokelat dan secara instan akan memperbaiki mood anda.

12. Seks

Manusia diprogram untuk menikmati seks, tapi dengan kesibukan dan kondisi kehidupan, manusia sering melupakannya. Padahal seks adalah nature’s greatest relaxant. Seks merupakan aktivitas penyumbang terbesar diproduksi dan dilepaskannya hormon endorfin di dalam tubuh. Penelitian membuktikan sentuhan oleh orang yang dicintai saja sudah dapat memancing tubuh melepas endorfin.

# Di dalam tubuh manusia hormon endorfin memiliki beberapa fungsi diantaranya: meredakan nyeri, mengurangi stres, meningkatkan mood, meningkatkan imunitas, mempengaruhi sel otak juga sebagai zat anti penuaan.
COMMENTS

Relatest News

Gelas Styrofoam

Gelas Styrofoam

Naga

Naga

True Friends

True Friends