logo
BANNER Banner Header Home

LIFE INSPIRATION

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985 atau lebih dikenal Cristiano Ronaldo merupakan seorang pemain sepak bola Portugal. Pada tahun 2020 ia bermain untuk Tim Italia, Juventus dan untuk tim nasional Portugal. Sebelumnya, ia bermain untuk Real Madrid, ia pernah bermain di Sporting Lisboa dan Manchester United. Pemain yang kerap bernomor punggung 7 di lapangan hijau ini juga akrab dengan sebutan CR7, gabungan dari inisial nama dan nomor punggungnya. Segudang prestasi telah berhasil dia raih. Cristiano berhasil meraih gelar FIFA Ballon D’or sebanyak 5 kali dan banyak gelar-gelar lainnya baik sebagai individu maupun tim.

Cristiano terlibat dalam penggalangan dana bantuan korban tsunami Aceh pada Desember 2004, termasuk membantu Martunis seorang bocah Aceh saat itu yang selamat setelah 19 hari terdampar akibat tsunami. 26 Maret 2008, Cristiano ditunjuk sebagai Duta Kemanusiaan untuk UEFA dan Palang Merah International.

Pada Januari 2012, Cristiano dinobatkan sebagai Duta LSM (Save the Children) sebuah lembaga independen yang fokus pada perlindungan dan penyelamatan masa depan anak. Pada 26 juni 2013, Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai Duta Forum Peduli Mangrove Bali Indonesia, aktivitas Ronaldo sebagai Duta Mangrove merupakan kegiatan kemanusiaan dan tidak mendapatkan pembayaran. Ronaldo bersedia menjadi Duta Mangrove karena perkenalannya dengan Martunis, bocah Aceh yang menjadi korban tsunami dengan pesan “Save the Mangrove, Save the Earth”.

Cristiano Ronaldo diketahui dekat dengan ibunya, Maria Dolores Aveiro. Dikutip dari laman The Sun, Dolores dalam biografinya mengaku pernah berniat menggugurkan kandungannya saat tengah hamil Ronaldo karena faktor finansial yang kurang mendukung. Namun pada akhirnya, ia memutuskan untuk berjuang di tengah krisis menjaga kehamilannya sampai melahirkan bintang sepak bola itu. Dolores memberikan nama kepada putra bungsunya itu, ia menyebutnya “lebah kecil” karena Ronaldo begitu cepat dan tidak mudah ditangkap. Saat pindah ke Real Madrid, Ronaldo membelikan rumah untuk ibunya seharga 2 juta poundsterling, mobil Ferrari seharga 250.000 poundsterling, ia juga kerap membawa ibunya naik pesawat jet pribadi untuk menonton pertandingan sepak bola.

Kepada Ronaldo, Dolores mendidik untuk menjadi seorang yang bertanggung jawab. Ia juga mengajarkan nilai-nilai agama yang kuat pada anaknya itu.

Seorang wartawan pernah menanyakan kepada Ronaldo: “Cristiano Ronaldo… mengapa ibumu tinggal bersamamu sampai hari ini? Mengapa kamu tidak membangun rumah untuknya?” jawab Ronaldo; “Ibuku membesarkanku dengan mengorbankan hidupnya untukku. Dia tidur, kelaparan di malam hari agar saya bisa cukup makan. Kami tidak punya uang untuk apapun. Ibuku bekerja sebagai pekerja cleaning service selama tujuh hari dalam seminggu hanya untuk membelikan sepatu sepak bola pertama untukku, supaya aku bisa menjadi pemain sepak bola. Kesuksesan yang kuraih sampai hari ini, semuanya kupersembahkan untuk ibuku. Selama ibuku masih hidup, dia akan selalu berada di sisiku. Ibuku akan memiliki semua yang bisa kuberikan padanya. Dia adalah tempat perlindunganku dan anugerah terbesar dalam hidupku.”

# Ronaldo adalah pemain sepak bola dunia yang telah meraih banyak gelar-gelar dunia, juga peduli terhadap kemanusiaan dan begitu sayang kepada ibunya; Dolores.
COMMENTS

Relatest News

Gelas Styrofoam

Gelas Styrofoam

Naga

Naga

True Friends

True Friends