BANNER Banner Header Home
REVIEWS

Moana Review

Moana Review
Salah satu franchise terbesar di Disney adalah franchise Disney Princess. Anggota franchise ini akan segera bertambah satu lagi dengan kehadiran Moana. Moana yang tampil di film Moana adalah princess pertama dari daerah Polynesia. Moana diperankan oleh aktris pendatang baru Auli'i Cravalho. Nama paling terkenal di daftar cast jelas adalah Dwayne “The Rock” Johnson yang berperan sebagai Maui. Film ini menceritakan kisah tentang Moana, anak dari kepala suku dari suku Polynesia, yang berusaha untuk mengembalikan hati dewi Te Fiti. Moana membutuhkan bantuan dari manusia setengah dewa, Maui.



Positives

Gorgeous Animation

Film-film animasi Disney memang terkenal selalu memiliki visual yang indah. Kali ini pun tidak berbeda karena Moana memiliki animasi yang sangat indah. Terlihat bagaimana indahnya laut dan terutama tato di tubuh Maui. Tato Maui sendiri bukan merupakan animasi 3D, tapi animasi 2D. Campuran animasi 2D dan 3D ini berpadu dengan sangat indah. Mini Maui bahkan sukses mencuri perhatian di film ini.



Suitable Songs

Walaupun lagu-lagu di film ini tidak memberikan saya rasa WOW, tetapi lagu-lagu yang ditulis oleh Opetaia Foa'i, Mark Mancina, dan Lin-Manuel Miranda sangat cocok dengan tema film Moana. Lagu andalan di film ini jelas adalah How Far I'll Go yang dinyanyikan oleh Auli'i Cravalho. Cravalho berhasil membawakan lagu ini dengan sangat powerful dan heartful. Cravalho juga tampil dengan luar biasa di lagu I Am Moana (Song of the Ancestors) yang merupakan reprise dari How Far I'll Go. The Rock kembali membuktikan kalau dia adalah aktor dengan multi talenta karena dia sukses menyanyikan lagu You're Welcome yang catchy. Satu lagu lainnya yang sukses menarik perhatian saya adalah lagu We Know the Way yang sangat cocok dengan adegan tentang para leluhur Moana.



Great Dynamic between Moana and Maui

Karena majority screentime di film ini hanya menampilkan Moana dan Maui, jelas dibutuhkan dynamic yang brilian antara mereka berdua. Chemistry antara Cravalho dan The Rock tercipta dengan sangat baik. Mereka mempunyai interaksi yang sangat fun dan natural. Hubungan antara Moana dan Maui pun terlihat seimbang dimana tidak ada satu pun yang terlihat lebih dominan dibanding yang lainnya.



Negatives

Lack of One True Villain

Selucu-lucunya Kamakora, seaneh-anehnya Tamatoa, dan seseram-seramnya Te Ka, film ini tidak punya one true villain yang harus dihadapi oleh Moana dan Maui. Kamakora, Tamatoa dan Te Ka hanya terlihat sebagai batu loncatan, bukan sebagai villain yang benar-benar mengancam. Walaupun twist tentang Te Ka cukup mengejutkan, tapi efek dari twist itu adalah tidak adanya character development untuk Te Ka. Tidak adanya villain yang memorable seperti Jafar, Scar dan Maleficent menjadi kelemahan Moana.



Generic Storyline

The only thing that is unique in this movie is it has Polynesian protagonists. Sayangnya walaupun film ini memiliki heroine dan hero yang berasal dari culture yang jarang terlihat di Hollywood, tidak ada yang spesial dari jalan cerita film Moana. Fearless Princess sudah pernah terlihat di film Brave, Bickering protagonists sudah pernah terlihat di film Tangled dan Princess going on adventure to save her people sudah pernah terlihat di film Frozen. Disney jelas terlihat sangat berusaha untuk menjual film ini sebagai film dengan karakter dan jalan cerita yang unik, tapi kali ini mereka gagal memberikan apa yang mereka jual.



Overall

Moana is good fun family movie. Sosok Moana yang pintar dan memiliki tekad kuat sangat cocok untuk menjadi panutan para anak-anak kecil. Moana memang tidak masuk di dalam level elit film-film Disney, tapi film ini tetap pantas masuk dalam daftar film-film Disney.

Score: 7/10
COMMENTS

RELATED REVIEWS

Finding DoryFinding Dory
"Just Keep Swimming..."
Jason Bourne Review SpoilersJason Bourne Review (Spoilers)
Jason Bourne hadir kembali dengan kisah yang lebih seru dan menegangkan
Star Trek Beyond ReviewStar Trek Beyond Review
Film ini sangat menarik bagi fans setianya namun akan terasa cukup saja bagi yang baru melihat.