BANNER Banner Header Home
REVIEWS

Downsizing Movie Review : Small But Big

Downsizing Movie Review : Small But Big
Matt Damon kembali menunjukkan kemampuan aktingnya dalam fillm drama fiksi Downsizing. Menceritakan tentang ilmuwan yang menemukan cara untuk mengecilkan makhluk hidup menjadi hanya beberapa senti saja.Melalui proses yang disebut Downsizing, mengecilkan manusia diharapkan menjadi solusi bagi masalah overpopulasi.

Film ini disutradarai oleh Alexander Payne, seorang master dalam film drama, salah satunya adalah Election (1999). Alexander senang mengangkat tema sosial dan eksistensial dalam setiap filmnya. Meskipun Downsizing mengandung sedikit sains fiksi didalamnya, namun sebagian besar menceritakan kehidupan seorang pria yang menjalankan proses Downsizing bernama Paul, yang diperankan oleh Matt Damon.

Mari kita lihat review selengkapnya.

Positives
Cast
Downsizing berisi aktor dan aktris brilian yang memberikan warna bagi film ini. Mulai dari Matt, Kristen Wiig, Cristoph Waltz. Masing-masing mampu memerankan karakter dengan keunikan dan keanehannya masing-masing. Hong Chau sebagai aktris pendatang baru cukup mengejutkan dengan aktingnya yang mampu mengimbangi pada aktor besar.

Story
Cerita yang diangkat dalam Downsizing cukup unik dan orisinil. Downsizing mengangkat tema yang sedikit tabu, yaitu kehidupan masyarakat kelas menengah. Walaupun demikian diangkat dengan gaya satir dan komedi khas Alexander Payne.

Negatives

Message

Sayangnya walau film bernada satir, namun pesan filosofis yang disampaikan terasa cukup berat dan membuat film ini terasa cukup menjemukan.

Duration

Film ini terasa cukup lama, dengan durasi 2 jam 15 menit, fokus kita sudah mulai berkurang sejak satu jam pertama.


Comedy

Durasi yang panjang serta pesan yang cukup berat, ditambah dengan kurangnya komedi pada Downsizing, membuat setengah bagian film ini terasa lambat.

Kesimpulan

Downsizing mencoba mengangkat kisah kelas menengah yang terhimpit oleh masalah ekonomi. Namun dalam usahanya Downsizing terasa terhambat oleh jalan ceritanya sendiri. Para manusia miniatur memiliki dunianya sendiri, dan seolah tidak memiliki dampak berarti bagi dunia luar, padahal justru itulah premis yang disebutkan pada awal film.

Pada awal trailer tampaknya kita disuguhkan dengan komedi yang seolah menjadi bagian film, nyatanya tidak ada cukup banyak komedi di Downsizing. Kurangnya komedi ini menyebabkan penyampaian nya jadi terasa kaku, terutama pada setengah bagian terakhir film.

Downsizing mungkin bukan film pure komedi, bukan juga pure fiksi ilmiah. Untuk Anda yang senang dengan film drama, Downsizing mungkin bisa menjadi film yang tepat. Namun jangan lupa juga film ini berdurasi cukup panjang yang bisa menyebabkan bosan.

7/10
COMMENTS

RELATED REVIEWS

Finding DoryFinding Dory
"Just Keep Swimming..."
Jason Bourne Review SpoilersJason Bourne Review (Spoilers)
Jason Bourne hadir kembali dengan kisah yang lebih seru dan menegangkan
Star Trek Beyond ReviewStar Trek Beyond Review
Film ini sangat menarik bagi fans setianya namun akan terasa cukup saja bagi yang baru melihat.