BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Yang Jiang

Yang Jiang
Yang Jiang adalah seorang novelis Tionghoa, dilahirkan di Beijing dengan nama Yang Jikang pada tanggal 17 Juli 1911, Yang Jiang menulis beberapa komedi yang sukses dan merupakan orang Tionghoa pertama yang menghasilkan novel Don Quixote versi Bahasa China dari Miguel de Cervantes. Yang Jiang wafat di usia 105 tahun pada tanggal 25 Mei 2016. Di usianya 103 tahun Yang Jiang menuliskan puisi seperti ini:
Perlakukan usia senja dengan baik.

Musim berganti, tak terasa kita memasuki usia senja.

Sejak tangisan pertama waktu lahir ke dunia hingga rambut berubah putih, beban perjalanan hidup kita dipenuhi aneka pengalaman duka dan suka, pahit dan manis, naik dan turun.

Selanjutnya, bagaimana kita bisa berbahagia di usia senja bergantung pada kondisi fisik dan mental kita.

Kebanggaan dan kekecewaan hidup sudah ada di belakang kita. Dan sekarang kita melanjutkan hidup keseharian dengan segala rutinitasnya.

Jika kita pernah memimpikan kemewahan hidup dunia, kini kita menyadari bahwa kehidupan terindah dan paling berbahagia adalah memiliki pikiran tenang dan hati yang tentram.

Tak perlu bingung menunggu kunjungan anak cucu. Mereka memiliki kehidupan pribadi yang harus diurus. Mereka seperti gasing yang tak pernah berhenti berputar.

Terjepit antara orang tua dan anak. Yang tua seperti matahari senja, yang muda bak matahari pagi. Dan tentu saja yang muda lebih mendapatkan banyak perhatian. Itu sudah hukum alam. Itulah siklus perjuangan hidup anak manusia yang tak seorangpun bisa menyangkalnya. Ingatlah bahwa anak-anak kita selalu lebih sibuk daripada kita.

Dalam hidup entah sebagai suami dan istri, atau orang tua dan anak. Entah harmonis dan intim atau tidak, masing-masing unik dan memiliki hidupnya sendiri. Karena itu kita harus belajar mengatasi kesepian dengan menemukan cara menghibur dan menyemangati diri sendiri ketika merasa sendirian.

Dalam mencapai usia senja, kita memiliki harga diri dan kemurahan seperti siklus 4 musim. Masing-masing memiliki keindahan dan kebaikannya sendiri. Tersenyum dan nikmatilah tiap fase kehidupan…

Usia senja adalah awal fase hidup yang baik. Tenang, damai, tidak terburu-buru dan sukacita. Kita harus mempertahankan damai sejahtera, tidak terlalu menuntut, lebih legowo dan pemaaf, jangan terlalu GR jika diperhatikan ataupun diacuhkan. Tetap tinggal atau berangkat pergi tidak masalah. Tetaplah tersenyum ketika menyambut hari yang baru dan berlakulah baik pada diri sendiri.

Jujur dan tulus membuat persahabatan langgeng, jangan mengharapkan balas budi atas apa yang diberikan pada orang lain. Membahagiakan orang adalah prestasi hidup yang besar bukan?

# Bertentangan dengan pepatah China bahwa tidak mungkin bagi seorang wanita untuk menjadi istri yang murni dan sarjana atau seniman berbakat. Qian, suami Yang Jiang pernah menggambarkan Yang sebagai “Istri paling suci dan gadis berbakat” di China.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back