BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Getting Old or Growing Up?

Getting Old or Growing Up?
Menjadi tua atau bertambah dewasa? Ketika suatu hari terdapat diskusi hangat antara sepasang suami istri. Pada momen itu sang suami menunjukkan perasaan bahwa sang suami tersinggung. Sang istri kemudian berkata: “Sekarang kok mudah tersinggung ya? Itu gejala getting old lho.” Sang suami kemudian diam sejenak.

Cepat tersinggung, marah, kecewa dengan perlakuan orang yang dirasakan kurang menghormati, mau dihargai, tidak mudah lagi bercanda, semua perkara menjadi sangat serius, ini ternyata adalah gejala getting old.

Getting old adalah istilah untuk mengatakan bahwa seseorang bertambah tua. Oleh karena itu setiap orang pasti bertambah tua. Banyak orang yang getting old tanpa growing up.

Growing up adalah menjadi dewasa, semakin matang mengelola emosi, siap hidup sendiri, banyak kesibukan yang produktif dengan waktu yang dimiliki, bertanggung jawab atas tindakannya.

Getting old ternyata sangat berbeda dengan growing up. Setiap orang tanpa berbuat apa-apa pasti akan getting old, tapi untuk growing up ternyata harus berbuat sesuatu atau mempersiapkan diri.

Growing up, menjadi dewasa perlu pengelolaan emosi, perlu persiapan yang sangat serius, mengurus banyak hal. Growing up berseberangan dengan kekanak-kanakan yaitu seperti mudah lari dari tanggung jawab, tidak mau berkomitmen, hanya mau yang manis-manis, Growing up menanggapi penderitaan dengan tenang, mengejar greatness, kebesaran jiwa bukan kenyamanan semata-mata, berani berkorban. Sekali lagi ini perlu persiapan.

Getting old, membiarkan waktu berlalu, menyesali masa kini dan selalu menyanyikan kidung, “Yesterday – I am not half the man I used to be” Seperti lantunan The Beatles, glorifikasi masa lalu, dulu saya begini, dulu saya begitu – sekarang hanya lagu. Ini gejala getting old, menggurui, meremehkan orang, mudah tersinggung. Ini rupanya gejala yang dicurigai oleh sang istri hinggap pada sang suami.

Menanggapi sinyalemen sang istri, sang suami pun mulai berbenah dan memutuskan untuk growing up. Nasehat growing up bukan untuk anak kecil saja, bukan untuk anak muda saja tapi untuk segala usia. Banyak orang yang sudah dewasa meskipun usianya masih muda. Mari kita bersama-sama membangun diri, grow up, menjadi dewasa jangan hanya getting old – menjadi tua.

# Sangat disayangkan kalau kita menjadi tua tanpa menjadi dewasa…
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back