BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Denmark

Denmark
Denmark secara resmi Kerajaan Denmark adalah negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan. Denmark terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia. Negara ini terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa namun tidak berada di Semenanjung Skandinavia. Negara ini menganut monarki konstitusional dan sistem pemerintahan parlementer. Jumlah penduduk Denmark adalah 5,8 juta jiwa (2021). Denmark adalah salah satu negara yang memiliki pendapatan tertinggi di dunia dan merupakan salah satu tempat yang paling menyenangkan di dunia. Denmark menjadi salah satu negara paling makmur di dunia, padahal negaranya tidak memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah, kondisi musim di negara ini sangat ekstrim karena dekat dengan kutub utara. Matahari dan siang harinya hanya sebentar saja terutama di musim dingin.

Denmark mendapat gelar “Negri Dongeng” karena menjadi salah satu negara di dunia yang paling nyaman untuk tempat tinggal manusia, memiliki pendapatan paling tinggi di dunia, paling bersih dan paling makmur.

Banyak orang mengira penyebab Denmark menjadi negara termakmur karena pendidikan mereka yang sangat baik. Namun ternyata, orang-orang Denmark justru percaya bahwa penyebab dari negaranya menjadi negara termakmur, ternyaman dan teraman adalah karena masyarakatnya jujur.

Orang Denmark percaya bahwa semua kebaikan yang ada di negaranya berawal dari “Kejujuran”, pada saat seorang “jujur” maka semua fasilitas umum untuk rakyat akan terbangun dengan baik oleh pemerintah, sebagaimana mestinya sesuai standar mutu yang telah ditetapkan di segala bidang mulai dari kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan lain-lain. Masyarakat Denmark percaya bahwa: “Kejujuran bisa melahirkan segalanya.” Mereka percaya bahwa setiap manusia itu pintar, dengan kejujuran maka setiap kepintaran manusia akan menjadi manfaat bagi sesama dan seluruh negeri. Mereka yakin jika setiap aparat pemerintah jujur, mulai dari pejabat, menteri, polisi dan seterusnya dan rakyatnya jujur maka sebuah negara bisa menjadi makmur tanpa perlu menjadi yang paling pintar di bidang pendidikan. Ternyata memang benar, Denmark masuk dalam salah satu negara dengan tingkat korupsi nyaris nol,seperti juga di Finlandia dan New Zealand. Mereka begitu yakin bahwa: “Kejujuran” adalah: awal dari semua kebaikan dan bukannya kepintaran.

Kira-kira 10 tahun silam kejujuran dan etika moral adalah prioritas utama, sedangkan kepintaran itu dikembangkan kemudian, karena diyakini bahwa setiap anak terlahir pintar. Disana tidak terlalu pusing jika seorang anak belum bisa berhitung saat masuk SD atau bahkan setelah sekolah SD, tapi disana sangat peduli jika seorang anak tidak jujur dan beretika buruk.

# Karakter, perilaku dan kejujuran adalah landasan utama untuk membangun negara yang kuat, adil, makmur dan sejahtera.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back