BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Badai

Badai
Badai kerap kali dianggap sebagai hal kurang baik, suram, gelap dan kesedihan. Badai dalam hidup diibaratkan sebagai guncangan, terpaan kuat berupa peristiwa atau kejadian yang kedatangannya tak diharapkan dan menimbulkan kehidupan yang semula tenang dan nyaman menjadi porak poranda. Karena itu saat badai menghantam, kita harus kuat karena bagaimanapun juga itu akan berlalu.

Kisah tokoh-tokoh dunia ini yang menjadi semakin kuat setelah terserang badai yang sangat dahsyat dan bahkan acap akan menenggelamkan hidup mereka.

Steve Jobs hampir luluh lantak ketika didepak dengan paksa untuk minggir dari perusahaan rintisannya sendiri. Apapun masalahnya, tetapi tersingkir oleh orang luar tidaklah mudah. Namun, Jobs melihat badai itu justru sebagai cambuk untuk membuktikan bahwa dirinya bukanlah seperti yang di “tuduh”kan. Ia membentuk Pixar dan sukses, dan akhirnya didaulat kembali untuk memimpin perusahaan rintisannya. Dan sampai akhir hayatnya, Apple adalah perusahaan termahal di dunia. Maka dalam bukunya Jobs berujar bahwa badai kehidupan sejak lahir, dibesarkan dan masa pemuda adalah badai yang tidak membuat hidupnya hancur, melainkan badai yang membuatnya naik tangga setapak demi setapak ke level tertinggi yang bisa ia capai. Termasuk ketika Jobs berjuang dengan kankernya, ia menjadi orang yang mampu melihat dunia ini dengan bijak. Kata banyak orang, menjelang wafatnya, ia menjadi seperti ahli filsafat yang menghayati kehidupan secara penuh.

Nelson Mandela, contoh lainnya. Meskipun agak ekstrem, Mandela adalah seseorang yang mampu berselancar di atas gelombang ganas di laut dan akhirnya muncul sebagai pemenang kehidupan. Bayangkan, dipenjara puluhan tahun karena menentang politik apartheid dengan siksaan berat. namun, setelah dibebaskan dan menjadi presiden, ia bahkan mengampuni orang yang memenjarakan dan menyiksanya. Buat seorang Mandela, terpaan badai di paruh pertama hidupnya menjadi bekal sewaktu ia menjadi Presiden Afrika Selatan.

Beberapa tips yang mungkin berguna ketika kita mengalami badai dalam kehidupan ini,
- Tidak ada badai yang tak pernah berhenti.
- Melakukan strategi bertahan, beradaptasi terhadap kondisi yang kurang baik.
- Tetap tenang dan optimis bahwa keadaan akan berubah.

# Badai pasti berlalu…
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back