BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Spirit dan Karakter

Spirit dan Karakter
Ada enam spirit dan karakter yang diperlukan di dalam bekerja, keenam spirit dan karakter tersebut adalah Integritas, Semangat, Professional, Kerja Keras, Entrepreneurship dan Pantang Menyerah.

- Integritas

Integritas adalah konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan. Dalam etika, integritas diartikan sebagai kejujuran dan kebenaran dari tindakan seseorang. Lawan dari Integritas adalah hypocrisy (hipokrit atau munafik).

Seorang dikatakan “mempunyai integritas” apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan dan prinsip yang dipegangnya. Ciri seorang yang berintegritas ditandai oleh kesesuaian antara kata dan perbuatan, bukan seorang yang kata-katanya tidak dapat dipegang. Seorang yang mempunyai integritas bukan tipe manusia dengan banyak wajah dan penampilan yang disesuaikan dengan motif dan kepentingan pribadinya. Integritas menjadi karakter kunci bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang mempunyai integritas akan mendapatkan kepercayaan (trust) dari pegawainya. Pimpinan yang berintegritas dipercayai karena apa yang menjadi ucapannya juga menjadi tindakannya.

- Semangat

Pengertian tentang semangat berhubungan dengan perasaan dan tindakan. Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertindak.
Pengertian semangat adalah seseorang yang memiliki semangat bagus, sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis. Semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertindak. Semangat itu sifatnya spiritual, adalah dimana batin tergerak untuk bertindak.


- Profesional

Profesional adalah orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki kemampuan yang tinggi dan berpegang teguh kepada nilai moral yang mengarahkan serta mendasari perbuatan. Profesional adalah orang yang menjalankan profesi sesuai dengan keahliannya yang didapatkan melalui suatu proses pendidikan.

Ciri-ciri seorang profesional adalah:

1. Memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tinggi
2. Memiliki kode etik
3. Memiliki tanggung jawab profesi serta integritas yang tinggi
4. Memiliki jiwa pengabdian kepada masyarakat
5. Memiliki kemampuan yang baik dalam perencanaan program kerja
6. Menjadi anggota organisasi dari profesinya


- Kerja keras

Kerja keras adalah kegiatan yang dikerjakan secara sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai dan selalu mengutamakan atau memperhatikan kepuasan hasil pada setiap kegiatan yang dilakukan. Kerja keras dapat diartikan bekerja bersungguh-sungguh, untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai, memanfaatkan waktu optimal sehingga kadang-kadang tidak mengenal waktu, jarak dan kesulitan yang dihadapinya. Mereka sangat bersemangat dan berusaha keras untuk meraih hasil yang baik dan maksimal.


- Entrepreneurship

Seseorang yang berjiwa entrepreneurship ditandai dengan kemampuan berorientasi pada tujuan atau sasaran. Dalam hubungan kerja mampu menghadirkan suasana personal, kepemimpinannya efektif dan memiliki kemampuan berinovasi. Inovasi adalah kemampuan menyiasati berpindahnya sumber daya ekonomi yang tersedia di lingkungan produktivitas rendah ke lingkungan berproduktivitas tinggi dan mendapatkan hasil yang lebih besar atau mengubah sesuatu yang tidak berguna menjadi berguna. Dengan kata lain menghadirkan sesuatu yang memberikan manfaat bagi orang lain yang sebelumnya tidak dipikirkan.

Orang yang berjiwa entrepreneur dalam mengambil keputusan memiliki gaya yang berbeda, mereka lebih di dominasi oleh otak kanan yang lebih mengedepankan berfikir kreatif. Sikap tanggap terhadap perubahan yang dimiliki entrepreneur adalah selalu mengantisipasi perubahan. Sikap dalam menghadapi resiko bagi seorang entrepreneur adalah cenderung opportunity focused bukan risk focused.

Ciri-ciri seorang entrepreneur adalah:

1. Berani mengambil resiko
2. Menyukai tantangan
3. Punya daya tahan yang tinggi
4. Punya visi jauh kedepan
5. Selalu berusaha memberikan yang terbaik
Entrepreneur dapat dibentuk pada diri seorang melalui pendidikan atau pelatihan.

- Pantang menyerah

Pantang menyerah adalah sikap dan perilaku yang dilakukan seseorang dalam bekerja dengan penuh semangat tanpa putus asa, meskipun rintangan yang dihadapi penuh pengorbanan demi mencapai tujuan yang diharapkan.
Sikap pantang menyerah adalah sikap yang tidak mudah patah semangat dalam menghadapi berbagai rintangan, selalu bekerja keras untuk mewujudkan tujuan, dan menganggap rintangan / hambatan yang selalu ada dalam kegiatan harus dihadapi. Dalam diri seorang wirausaha harus terpatri bahwa sikap menyerah sebelum mencapai tujuan adalah orang-orang yang gagal dan tidak akan pernah mencapai kesuksesan.

# Dengan memahami dan menerapkan keenam spirit dan karakter ini dalam bekerja sehari-hari diharapkan akan banyak muncul orang-orang unggul.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back