BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Seekor Kepiting

Seekor Kepiting
Di suatu sore, nampak pertapa muda bermeditasi di bawah pohon di tepi sungai. Saat berkonsentrasi, tiba-tiba perhatiannya terpecah kala terdengar gemericik air yang tak beraturan. Perlahan ia membuka matanya dan melihat ke sumber suara. Ternyata, ada seekor kepiting yang berusaha keras untuk meraih tepian sungai agar tak hanyut oleh derasnya arus.

Melihat itu, sang pertapa merasa iba. Iapun segera mengulurkan tangannya ke arah kepiting. Dengan sigap kepiting menjepit jari pertapa muda itu. Meski jarinya terluka, hatinya senang karena bisa menyelamatkan kepiting itu.

Kemudian, dia melanjutkan pertapaannya. Namun saat ia mulai bermeditasi. Ternyata kepiting itu terpeleset kembali. Dengan cepat pertapa itu kembali mengulurkan tangan dan membiarkan jarinya dicapit kembali. Kejadian itu berulang, yang membuat tangan pertapa itu bengkak dan membiru.

Ternyata ada seorang kakek yang memperhatikan kejadian itu, lalu kakekpun mendekati pertapa itu. "Anak muda, perbuatanmu adalah cerminan hatimu yang baik. Tetapi, mengapa demi menolong kau membiarkan capit kepiting itu melukai tanganmu?" ujar kakek itu.

"Kakek, biarlah tanganku terluka asal kepiting itu selamat, karena hanya dengan mencapitlah caranya untuk selamat." jawab si pertapa.

Kemudian kakek itu memungut sebatang ranting. Ia lantas mengulurkan ranting itu ke arah kepiting yang terlihat kembali melawan arus. Kepiting pun menangkap ranting itu dengan capitnya. " Lihatlah pemuda, melatih sikap belas kasih itu memang baik, tapi harus bijak. Bila tujuan kita baik untuk menolong, kenapa harus mengorbankan diri sendiri. Banyak hal lain yang bisa dimanfaatkan, bukan?" kata kakek itu.

Akhirnya pemuda itupun tersadar. "Terima kasih kek, atas ilmu yang berharga ini.”

Berbuat baik itu adalah perbuatan mulia. Namun caranya pun harus baik dan bijak.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back