BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Rahasia Kebahagiaan

Rahasia Kebahagiaan
Ada orang berkata, “ Kalau kita menginginkan lebih, kita tidak bisa menikmati apa yang telah kita miliki”. Jadi supaya bisa bahagia, luangkanlah waktu untuk bersyukur kepada keluarga, bersyukurlah terhadap hari ini dan bersyukurlah terhadap uang anda, banyak ataupun sedikit. “Karena saya sadar bahwa saya belum tentu akan bisa menemukan kebahagiaan pada masa depan”. Saya belajar cara untuk bahagia saat ini juga, yaitu bersyukur terhadap apa yang saya miliki. Kalau kita menghargai keluarga yang kita miliki, kalau kita menghargai waktu yang kita punyai, maka kita akan memahami rahasia kebahagiaan.

Ini adalah sebuah kisah mengenai satu keluarga. Suatu hari, ada seorang anak berusia 6 tahun yang menunggu-nunggu ayahnya pulang dari kerja. Begitu ayahnya pulang dalam keadaan letih, anak ini berkata kepadanya, “Papa, berapa sih gaji papa per jamnya?”. Ayahnya itu menjawab, “Itu bukan urusan anak kecil! Papa capek!”

“Papa, berapa dollar sih gaji yang papa peroleh?”

“Papa bilang, jangan ganggu papa!”

Tapi, papa, berapa dollar yang papa dapat sih?”

Lalu papa nya menjadi marah dan membentak, “Diam! Dasar anak nakal! Masuk ke kamarmu sana!”

Dengan kepala terkulai, si anak masuk ke dalam kamarnya. Ia tengah dihukum. Sekitar setengah jam kemudian, si ayah mulai merasa bersalah. Sekalipun pertanyaan itu terasa sepele karena ditanyakan seorang anak kecil, si ayah tidak sepantasnya berteriak membentak. Tapi, memang kadang seperti itulah kalau kita pulang dalam keadaan kelelahan setelah seharian melakukan pekerjaan. Jadi si ayah berjalan menuju ke kamar anaknya, mengetuk pintu dan masuk ke dalam nya. Ia berkata, “Nak, maafkan papa yah… Papa tidak semestinya berteriak tadi. Papa capek, papa tidak tahu kenapa kamu kepingin tahu. Tapi, papa kasih tahu kalau gaji papa 20 dollar per jam.”

Dan si anak kecil itu tersenyum dan berkata, “Terimakasih, Pa… Sekarang, boleh saya pinjam uang papa 10 dollar saja?”. Si ayah pun hampir naik pitam lagi. Tapi ia ingat bahwa baru saja tadi ia marah. Ia menahan kemarahannya, mengambil dompetnya dan sambil berkata, “Nih, uangnya!”

Lalu si anak tersenyum dan berkata, “Terima kasih, Pa…”. Segera ia bergegas mengambil recehan uang yang berjumlah 10 dollar dari bawah bantalnya. Total uang 20 dollar itu diberikan kepada ayahnya seraya berkata, “Papa, bolehkah saya minta 1 jam saja waktu papa?”. Ayahnya kaget, dan langsung memeluk anaknya…

Kadang, yang diminta anak semata-mata adalah waktu untuk bersama dengan orangtuanya. Dan meluangkan waktu dengan orang yang kita kasihi adalah suatu hal yang sangat indah. Inilah rahasia kebahagiaan, yaitu meluangkan waktu dengan orang-orang yang kita kasihi. Jadi, apa yang benar-benar kita inginkan dalam hidup ini? Apa yang betul-betul anda butuhkan sudah anda miliki? Jadi rahasia kebahagiaan itu adalah bukan mencarinya kesana kemari, tetapi dengan melihat ke dalam diri, melihat apa yang telah kita miliki. Dan kalau kita bisa menghargai itu, kita akan sangat bahagia.

# Jadi, kalau anda puas dengan apa yang telah anda miliki dan kalau anda puas dengan keluarga anda, maka anda adalah orang yang mengetahui rahasia kebahagiaan.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back