BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Pesan Ayah

Pesan Ayah
Sebelum sang ayah menghembuskan nafas terakhir, dia memberi pesan kepada kedua anaknya: “Anakku, dua pesan penting yang ingin ayah sampaikan kepadamu untuk keberhasilan hidupmu. Pertama: Jangan pernah menagih piutang kepada siapapun,

Kedua: Jangan pernah tubuhmu terkena terik matahari secara langsung”.

5 tahun berlalu sang ibu menengok anak sulungnya dengan kondisi bisnisnya yang sangat memprihatinkan, ibu pun bertanya: “Wahai anak sulungku, kenapa kondisi bisnismu demikian?”

Si sulung menjawab: “Saya mengikuti pesan ayah bu… Saya dilarang menagih piutang kepada siapapun sehingga banyak piutang yang tidak dibayar dan lama-lama habislah modal saya… Pesan yang kedua ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsung dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taksi”.

Kemudian sang ibu pergi ke tempat si bungsu yang keadaannya berbeda jauh. Si bungsu sukses menjalankan bisnisnya. Sang ibu pun bertanya: “Wahai anak bungsuku, hidupmu demikian beruntung, apa rahasianya?”

Si bungsu menjawab: “Ini karena saya mengikuti pesan ayah bu… Pesan yang pertama saya dilarang menagih piutang kepada siapapun, oleh karena itu saya tidak pernah memberikan hutang kepada siapapun tetapi saya beri sedekah sehingga modal saya menjadi berkah”.

“Pesan kedua saya dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka dengan motor yang saya punya saya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam, sehingga para pelanggan tahu toko saya buka lebih pagi dan tutup lebih sore”.

Di sulung dan si bungsu menerima pesan yang sama, namun masing-masing memiliki penafsiran dan sudut pandang atau mindset berbeda. Mereka melakukan cara yang berbeda sehingga mendapatkan hasil yang berbeda pula.

# Mindset positif memberikan hasil menakjubkan, sebaliknya mindset negatif memberikan hasil menghancurkan.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back