BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Memaafkan

Memaafkan
Memaafkan adalah menghilangkan pikiran jahat atau keinginan membalas, yang ditujukan kepada seseorang dan mengganti pikiran negatif tersebut dengan pikiran untuk rukun kembali. Pada kebanyakan orang, melepaskan harta miliknya kadang lebih mudah dibanding memaafkan seseorang yang mungkin telah mempermalukan, mempersulit dan menyakiti kita.

Memaafkan adalah penting, sebab akan membebaskan kita dari api kebencian, dengan melaksanakannya maka dengan sendirinya memungkinkan pengembangan nilai-nilai positif seperti kesadaran dan cinta kasih. Mempertahankan pikiran membenci hanya akan mempertajam kebencian, sedangkan melepaskan kebencian akan memungkinkan timbulnya cinta kasih.

“Dia merugikan saya, dia menyakiti saya, dia semena-mena kepada saya, dia merampok saya”. Mereka yang tetap berpikiran seperti itu, tidak pernah dapat meredakan kebenciannya. Tetapi mereka yang tidak berpikiran seperti itu, akan dapat meredakan kebenciannya.

Ada tiga hal kita dapat mengenal seorang bijaksana yaitu:
Dia bisa melihat kekurangannya.
Bila dia melihat kekurangannya, dia mencoba memperbaikinya.
Dan bila seseorang mengakui kekurangannya, dia memaafkannya sebagaimana mestinya.

# Sebab di dunia ini,
“Kebencian tidak pernah dipadamkan oleh kebencian, hanya cinta-kasih yang dapat memadamkan kebencian, inilah hukum yang abadi.”
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back