BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

Hormon Kebahagiaan

Hormon Kebahagiaan
Ternyata, ada hormon kebahagiaan yang dikeluarkan oleh tubuh kita sendiri yang membuat bahagia, punya daya tahan tubuh yang lebih kuat terhadap penyakit yang disebut sebagai Hormon Endorfin. Nama hormon ini seperti obat tidur yang diproduksi secara sehat oleh tubuh dan disebut juga sebagai penghilang rasa nyeri, bahkan jauh lebih kuat dari banyak obat sekalipun. Saat kita berpikir positif, berperasaan (emosi) positif dan juga bertindak positif. Saat kita bersyukur, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan mengeluarkan hormon endorfin. Saat kita berpikiran baik, positif, tersenyum, berbahagia dalam hidup, akan lebih banyak hormon endorfin yang keluar. Kalau pikiran dan hati kita positif, maka tubuh akan menghasilkan hormon kebahagiaan lebih banyak. Tidak perlu mencari sumber kebahagiaan dari luar sana, hanya melihat ke dalam diri sendiri, maka kebahagiaan dan juga kesehatan akan didapatkan. Menariknya, hormon kebahagiaan ini adalah juga hormon kesehatan. Kalau kita mau sehat, hormon ini harus banyak-banyak keluar dari tubuh. Karena hormon endorfin ini bisa memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina. Jadi, kalau sering loyo, sering sakit, pegal-pegal, bisa jadi karena masih banyak pikiran dan energi negatif yang dikeluarkan.

Bagaimana agar hormon endorfin ini bisa keluar? Pertama, bangun mindset positif. Berpikir yang positif. Setiap sesuatu mempunyai dua sisi; positif dan negatif. Lihatlah segala sesuatu dari sisi positif, dari sisi baiknya. Sehingga, yang ada dalam pikiran kita adalah hal-hal baik. Kalau yang dipikirkan adalah sisi negatif, yang terjadi adalah pikiran kita yang akan menjadi negatif. Akhirnya, timbul rasa marah, kesal dan juga menyesal. Sedikit saja hal-hal negatif itu keluar, maka bukan hormon kebahagiaan yang timbul, tetapi hormon yang bahkan merusak tubuh.

Kedua, bangun perasaan dan emosi positif. Buang semua emosi negatif seperti marah, dendam, takut, sedih, iri hati, dan sebagainya. Sebaiknya, bangun emosi positif seperti cinta, kegembiraan, dan antusiasme dalam mengerjakan sesuatu. Dengan kita menebarkan cinta di rumah, di kantor, dan dimana saja, akan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan dan menyehatkan.

Ketiga, lakukan kebaikan setiap saat. Mengerjakan kebaikan akan menjadi sumber kebahagiaan yang luar biasa. Akibatnya, orang semakin sehat dan semakin positif karena merasa dirinya berharga dan bernilai. Dengan berbuat baik, hidup akan lebih bermakna.

Kebahagiaan, kesehatan, semua bermula dari hal-hal positif yang kita pikirkan, rasakan, dan lakukan.

# Bila ingin sehat dan bahagia ! Mulailah berpikir lebih positif, mengeluarkan emosi yang positif dan bertindak positif setiap hari.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back