BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

5 Pelajaran dari Michael Jordan

5 Pelajaran dari Michael Jordan
Mengalami kegagalan atau kekalahan, kita semua pasti pernah merasa putus asa dan ingin menyerah saja. Mungkin kita juga pernah merasa hidup ini tidak adil. Orang bilang kita harus bangkit lagi setelah gagal. Tapi nyatanya hal itu tak semudah yang orang lain katakan. Untuk bangkit itu tak selalu mudah. Tapi kekalahan tak perlu kita tangisi. Coba kita ingat lagi sosok besar yang satu ini. Namanya Michael Jordan. Kini ia dikenal sebagai salah satu pemain NBA (National Basketball Association) terbaik. Tak hanya dikenal sebagai pemain basket terbaik, ia juga dikenal sebagai seseorang yang punya etika kerja mengagumkan, juga kisah hidupnya yang luar biasa. Dibalik nama besar dan kesuksesannya saat ini, dulu ia pernah kalah ratusan kali dan jatuh berkali-kali.

Inilah 5 pelajaran yang dapat kita petik dari seorang Michael Jordan.

1. Manisnya kesuksesan didapat setelah gagal berkali-kali.

Salah satu kutipan yang paling fenomenal dari Michael Jordan tak lain adalah ini, “Saya gagal di 9000 tembakan di sepanjang karir saya. Saya kalah di hampir 300 pertandingan. 26 kali, saya dipercaya untuk mengambil tembakan yang menentukan hasil akhir pertandingan, dan saya gagal. Saya terus menerus gagal, lagi dan lagi di dalam kehidupan saya. Dan itulah mengapa saya sukses.”

Sebelum ia sebesar dan sesukses sekarang, ia telah melewati ratusan kali hingga ribuan kali kegagalan. Manisnya kesuksesan didapat setelah gagal berkali-kali. Michael Jordan menjadikan kegagalannya sebagai bahan bakar untuk menuju kesuksesannya. Dulu ia pernah dikeluarkan dari tim basket SMA nya di tahun pertama. Tapi ia tidak menyerah, ia terus berlatih hingga akhirnya bisa kembali masuk ke tim basket di tahun akhirnya dan berhasil masuk ke All-American High School Team. Kakinya pernah patah di musim sekitar tahun 1985-1986 tapi ia tak berhenti. Saat ia sembuh di tahun 1986-1987, ia menjadi pemain kedua terhebat dan berhasil mencetak 3000 skor dalam satu musim.

2. Fokus pada sisi positif itu penting

“Saya tak pernah melihat beban dari kegagalan melakukan tembakan, kalau kita memikirkan bebannya kita akan selalu melihat hasil negatifnya.” Ungkap Michael. Salah satu kunci keberhasilannya adalah karena ia fokus pada hal-hal positif. Bukan merasa terbebani dengan kegagalan atau kelemahan yang kita punya.

Michael Jordan berhasil membawa Chicago Bulls menjuarai NBA untuk pertama kalinya pada tahun 1991. Gelar juara itupun berhasil dipertahankan tiga kali berturut-turut, tahun 1991, 1992, 1993.

Fokus pada hasil positif yang ingin kita dapatkan jauh lebih penting daripada sekedar menyesali kegagalan yang baru kita alami. Dengan begitu, kita akan punya semangat lagi untuk kembali bangun dan melangkah ke depan.

3. Jangan takut menghadapi kegagalan.

Dalam sebuah wawancara, Michael mengungkapkan kalau ia tak pernah punya rasa penyesalan di sepanjang karirnya. Meski ada kegagalan atau hal-hal negatif yang terjadi, ia selalu berusaha melihat sisi positifnya. Menjadikannya sebagai bagian dari proses pembelajarannya, sehingga ia bisa terus maju dan meraih kesuksesan yang ia inginkan.

Pria yang lahir di Brooklyn, New York, Amerika Serikat Tanggal 17 Februari 1963 ini menggambarkan rasa takut sebagai ilusi semata. “Saya tak pernah takut untuk gagal.” ungkapnya. Rasa takut gagal hanya akan menahan kita untuk sukses. Bahkan ketakutan itu sendiri sudah menutup dan mencegah potensi kita untuk berkembang.

4. Jangan remehkan hal-hal mendasar.

Mengutip kalimat Michael Jordan, “Di saat kamu mengabaikan hal-hal mendasar, entah itu teknik yang benar, etika kerja, atau kesiapan mental, maka permainanmu, tugas sekolahmu, pekerjaanmu, dan apapun yang kamu lakukan bisa hancur.” Penting sekali untuk tak meremehkan hal-hal mendasar. Jangan sampai mengabaikan hal-hal kecil yang kita kuasai.

Semahir atau seprofesional apapun kita dengan profesi dan karir yang kita punya, jangan sampai kita lupa dengan hal-hal mendasar yang pernah kita pelajari. Tujuannya? Agar kita tak mudah terpeleset atau jatuh. Selain itu, dengan selalu mengingat hal-hal yang paling mendasar, kita akan selalu punya alasan untuk kembali bangkit, meski sudah gagal dan terjatuh.

5. Kerja keras dan lipat gandakan, kesuksesan itu pasti datang.

Rekan-rekan Michael Jordan di Chicago Bulls mengatakan kalau Jordan merupakan orang yang selalu datang pertama dan pulang paling akhir di gym mereka setiap hari. Dia dikenal dengan kerja kerasnya yang luar biasa. Berlatih lebih keras dan melakukan rutinitas di atas orang rata-rata. Dari situ, ia baru bisa mendapatkan kesuksesan besarnya. Tonny Robbins mengutip Michael pernah berkata kalau kesuksesannya diperoleh karena ia selalu menuntut dirinya lebih dibandingkan orang lain. Setiap kali punya tujuan, dia akan berjuang keras untuk bisa mendapatkannya. Apapun yang terjadi, yang penting terus kerja dan lipat gandakan. Dengan begitu, kesuksesan akan datang sendirinya.

# Selama kariernya, Michael Jordan berhasil mendapatkan enam gelar juara dan sudah lima kali ditunjuk sebagai MVP regular, jelas ini pencapaian luar biasa. Setelah pensiun dari dunia basket tahun 2003 lalu, ia beralih menjadi seorang pengusaha.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back