BANNER Banner Header Home
LIFE INSPIRATION

5 Cara Menghilangkan Rasa Malas

5 Cara Menghilangkan Rasa Malas
Malas adalah kondisi diri yang tidak bergairah dalam menjalankan sesuatu. Rasa malas adalah penyakit paling mengerikan yang dapat menghambat kesuksesan seseorang. Jika anda membuat rencana untuk membangun usaha dari nol dengan matang-matang, kemudian saat berusaha malah tersandung dengan rasa malas, hal tersebut akan menghambat kesuksesan anda.

Banyak orang tidak berhasil akibat dirinya tidak mampu menolak rasa malas tersebut, begitupun sebaliknya. Biasanya orang sukses itu tidak pernah berhenti mencoba, berusaha mencari titik kesalahan dan selalu semangat ketika menjalankan sesuatu. Malas adalah hal yang wajib untuk diperhatikan, jika tidak maka bisa membawa dampak negatif terhadap karir, pendidikan bahkan kesehatan anda.

Berikut ini cara mengatasi rasa malas yang bisa anda terapkan:

1. Menata Hidup

Rasa malas terkadang muncul akibat pola hidup yang tidak teratur dan berantakan. Kita ambil contoh seseorang yang tidak merapihkan tempat tidur ketika bangun pagi, meja kerja yang berantakan, penyimpanan dokumen yang tidak terorganisir dan lain-lain. Jika sudah demikian dan telah berlangsung lama tanpa disadari akan membuat diri anda menanam rasa malas yang akut, oleh karenanya mulai sekarang pastikan bahwa segala sesuatu yang berantakan dalam hidup anda disusun atau ditata lebih rapi dan teratur. Buatlah jadwal kegiatan harian anda sedetil mungkin dan jika anda melihat suatu benda yang berantakan, segera untuk mengembalikan posisi benda tersebut ketempat yang semestinya.

2. Kerjakan Hal yang Sulit di Pagi Hari

Pagi hari adalah jam-jam dimana otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh lagi berkobar semangatnya. Biasakan ketika anda bangun pagi, sarapan dan mandi, langsung kerjakan hal yang menurut anda sulit di pagi hari. Jangan ditunda hingga siang hari, apalagi sampai larut malam.

Jika banyak menunda sesuatu tentu akan menumpuk beban pikiran dan pekerjaan, ujung-ujung nya anda menjadi malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan yang lebih parahnya lagi. Di esok harinya pula anda bisa lebih malas karena pekerjaan di hari sebelumnya belum terselesaikan.

3. Basuh Muka

Cara paling cepat untuk mengusir rasa kantuk yang akhirnya memicu malas adalah membasuh muka. Dengan membasuh muka maka otot menjadi lebih rileks , wajah dan otak terasa lebih segar sehingga siap untuk bekerja kembali.

4. Berikan Motivasi Pada Diri Sendiri

Anda harus bisa memotivasi diri untuk menjauhi rasa malas, biasanya rasa malas sering muncul dengan berbagai alasan. Disaat seperti ini anda tidak bisa mengikuti keinginan buruk tersebut. Jika anda belum bisa memotivasi diri sendiri, mintalah bantuan orang terdekat untuk memotivasi anda agar dapat mengusir rasa malu tersebut.

5. Temukan Penyemangat Anda

Cara jitu menghilangkan rasa malas lainnya adalah dengan menemukan siapa penyemangat hidup anda. Entah itu orang tua, teman, sahabat dan yang lainnya yang jika anda mengingatnya maka anda bersemangat dalam bekerja.

Orang yang paling berpengaruh pada hidup kita adalah orang tua. Coba renungkan, apakah anda ingin membahagiakan orang tua? Jika anda menjadi pemalas otomatis anda akan membuat orang tua sedih. Jika anda menjadi orang yang berhasil maka anda sudah membahagiakan orang tua anda. Orang tua mana yang tidak bahagia jika melihat anaknya berhasil? Apalagi jika anda bisa memberikan sesuatu yang orang tua perlukan sebagai akibat dari keberhasilan anda.
COMMENTS

RELATED LIFE INSPIRATION

KegagalanKegagalan
Soichiro Honda berkata, "Apa yang orang lihat dari kesuksesan saya hanya 1%, tapi 99% yang tidak terlihat adalah kegagalan saya".
HappyHappy
If you want to be happy for an hour, take a nap;
If you want to be happy for a day, go fishing;
True FriendsTrue Friends
True friends say good things behind your back