BANNER Banner Header Home
GAMES

Review : Pokemon X&Y Nintendo 3DS

Review : Pokemon X&Y Nintendo 3DS
Euphoria Pokemon Go membuat semangat para pemain Pokemon di Nintendo DS timbul lagi. Termasuk saya yang jadi ingin bermain Pokemon X&Y Generation VI ini lagi dan lagi. Pokemon X&Y ini di released pada tanggal 12 Oktober 2013. Ya! Sudah hampir 3 tahun sejak Pokemon Kalos region ini dan hampir 18 tahun sejak Pokemon Yellow Version di terbitkan! *feel old yet?* Well, it's kinda a late review, but better late than never right?

Location :
So, let's start with the new region! Region kali ini bertempatkan di Kalos. Di Kalos ini menjadi rumah para Pokemon-pokemon baru yang jenisnya beda dengan Pokemon di region lain. Meskipun ada beberapa jenis Pokemon di region lain yang berada di region ini juga.

Kalos region cukup indah, dengan pusat kotanya yang bernama Lumiose City terdapat Lumiose Tower yang menjadi icon dan tempat Gym Leader kota tersebut. Di dalam kota itu, terdapat banyak speciality shops, cafes, beauty shops dan bahkan Anda bisa membuat video tentang Anda sendiri! Sedangkan di kota-kota lain lebih menawarkan keindahan landscape scenerynya.

Characters :
Seperti Pokemon yang terdahulu, Anda dapat memilih gender karakter Anda. Jika Anda memilih laki-laki, rival Anda akan seorang gadis bernama Serena. Sedangkan jika Anda memilih perempuan, rival Anda adalah Calem. Sebelum memulai perjalanan, Anda akan diperkenalkan dengan teman-teman yang bernama Trevor, Tierno dan Shauna.

Pada saat Anda berkumpul dengan teman-teman Anda, Anda diharuskan memilih Pokemon Starter yang akan menjadi teman setia Anda dalam perjalanan menuju Pokemon Master di region ini.

Pokemon starter untuk Pokemon X&Y yaitu *drumroll* : Fire-type Fennekin, Water-type Froakie dan Grass-type Chespin. Bingung mau memilih yang mana? Saya anjurkan Anda menonton Pokemon XY anime terlebih dahulu sebelum memilih partner Anda! Sebelum bermain ini, sambil menonton anime Pokemon XY, Froakie basically steals the show! Apalagi didukung dengan evolusinya yang ciamik yaitu Greninja, tidak heran karakter Froakie pun menjadi sangat populer di Jepang dan bahkan di muka bumi ini *exaggerating level 9000*. So, pilihan yang sangat mudah untuk saya diantara 3 starter ini. Lalu rival Anda seperti biasa memilih Pokemon yang mempunyai type advantage dari Pokemon yang Anda pilih; contohnya rival saya memilih Chespin. Dan teman Anda Shauna, akan memilih Fennekin.

Karakter dan design untuk para pokemon di Kalos region ini menurut saya meningkat cukup signifikan dibanding Pokemon Black and White. Pokemon-pokemon terlihat lebih likeable, type combination yang lebih menarik, dan lebih imoet-imoet pastinya.

Storyline :
Storyline Pokemon X&Y, cukup menarik untuk diikuti. Semua chapter bisa dibilang berkesinambungan secara baik dan lancar. Dulu di setiap kota, saya suka malas memasuki rumah orang-orang di kota tersebut. Tapi di X&Y ini, kadang di rumah-rumah tersebutlah, kita bisa mendapatkan items, TM/HM atau malah mengetahui status Pokemon kita.

Salah satu hal yang saya sukai di game Pokemon ini adalah hubungan anda dengan rival tidak terlalu kompetitif, memang akan ada pertarungan antara anda dan rival. Tapi yang menarik dari Pokemon ini, hubungan pertemanan lebih diperlihatkan sampai di akhir game. Di awal-awal perjalanan, anda bahkan akan berpartner dengan rival anda untuk double battle. #cintadamai Hooray for BFFs!!

Graphics :
Secara grafis sangat baik mengingat game ini hanya bisa dimainkan di Nintendo 3DS sehingga banyak limitations yang mungkin tidak bisa dicapai dibandingkan dengan game yang bisa dimainkan di konsol permainan lain.

Terdapat berbagai main spot locations, yang bisa kita nikmati keindahan 'lokasinya' secara grafis dengan si karakter berjalan secara 3D di game ini. Kadang sedikit memusingkan, but you'll get used to it!

Post Game: Fin? Don't Stress Out!
Sehabis anda menamatkan game ini, anda pun masih bisa menikmati game ini dengan extension mission chapters, mencari Pokemon Shiny (Pokemon yang berbeda warna dengan Pokemon normal yang berspesies sama), meng-hunting Mega Evolution Stones, serta menangkap Legendary Pokemons lainnya.

So, if you have defeated Diantha; the Champion, there are still lottt of things you can do! The game is not over yet!

Legendary Pokemon:
Pokemon X dikuasai oleh Xerneas, Sedangkan Pokemon Y dikomandani oleh Yveltal. Secara design, Xerneas sangat cantik dan sophisticated. Mengingat jenis Xerneas itu fairy type, penggambaran Xerneas secara visual sangat sukses diterjemahkan dalam game ini. Namun, berbanding terbalik dengan Yveltal, memang sangat kelihatan seperti Pokemon Legenda, tapi menjadi terlihat tidak unik dan original. Seperti Lugia versi demon. I dunno, it looks like it. Sorry!

Tidak hanya 2 Pokemon Legenda ini yang Anda bisa dapatkan dari game Pokemon X&Y, setelah Anda menjadi Kalos Champion, Anda bisa berkelana lagi untuk mencari Zygarde, Mewtwo (dengan Mega Evolution X atau Y) dan salah satu Legendary Birds (Moltres, Zapdos dan Articuno).

Final Thoughts:
It's fun! Game yang sangat ringan untuk dimainkan anak-anak. Untuk dewasa sedikit terlalu mudah menamatkan game ini. Walaupun sebenarnya tidak ada kata 'tamat' di Pokemon karena Anda masih bisa bermain dengan battle with friends, Friend Safari, menaikkan ranking anda di Battle Chateau atau battle di Battle Maison, serta mencari dan mem-breedingkan Pokemon Shiny *kalau sudah banyak shiny, bagi-bagi ke saya yah*. But Pokemon X&Y definitely still recommended bagi para pencinta Pokemon sejati!

So now, I'm just gonna wait for Pokemon Sun and Moon (November 2016)! *squeals*
I'll see you guys soon in Pokemon Sun and Moon!


Score: 9/10


Image Courtesy: www.dualshockers.com

COMMENTS

RELATED GAMES

Gambar Pertama Dari Game Telltales BATMANGambar Pertama Dari Game Telltale's BATMAN
Telltale merilis gambar-gambar pertama dan daftar para pengisi suara di game Telltale's BATMAN
Behind The Scenes Trailer MASS EFFECT ANDROMEDABehind The Scenes Trailer MASS EFFECT: ANDROMEDA
EA merilis behind the scenes trailer Mass Effect: Andromeda di pre-show E3
Zygarde Beraksi Di Trailer Terbaru POKEMON SUNMOONZygarde Beraksi Di Trailer Terbaru POKEMON SUN/MOON
Lihat form 10% dan komplit Zygarde di trailer terbaru Pokemon Sun/Moon